Tuesday, June 30, 2009

kelebihan kita mungkin di butuhkan bagi kekurangan yang ada pada orang lain

Keterbatasan bukanlah suatu penghalang bagi kita untuk dapat melakukan sesuatu..mencapai sesuatu.
Yep..kata-kata itu aku dapatkan ketika kemarin pergi ke Nabire-Papua, waktu tu kebetulan kita dapat satu kesempatan untuk ngisi sesi pelajaran bahasa inggris di satu sekolah yang ada disana.
Hari itu aku pergi dengan kedua teman bule dari amrik,dan sesuai rencana merekalah yang akan mengajar dan aku yang akan jadi penterjemahnya.
Sampai di sekolah itu..wihhh sambutannya luar biasa, meriah seperti menyambut kedatangan artis atau orang penting saja. Ya tentunya itu semua di karenakan oleh kehadiran dua teman bule ku itu..yang buat mereka (murid-murid) disana seperti melihat mahluk asing baru saja mendarat dengan piring terbangnya.. (emangnya alien kale..)
Gak lah.. mereka takjub karna itu kali pertama buat anak-anak itu bisa melihat bule / orang barat secara langsung, yang selama ini mereka cuma dapat lihat dari layar kaca televisi.
Singkat cerita pelajaran bahasa inggris hari itu berjalan seru, karna selain belajar membaca,menulis,dan bicara.. diisi juga oleh beberapa permainan yang menarik, salah satunya belajar bermain American football. Semua senang,tertawa riang dan dapat kupastikan bahwa hari itu menjadi hari istimewa buat anak-anak sekolah itu.

Dalam perjalanan pulang menuju tempat kami menginap, aku dan teman bule ku itu telibat pembicaraan mengenai apa yang baru saja kami lakukan tadi.. dan ada satu hal yang menarik ketika kutanyakan apa yang menjadi kesan bagi mereka ketika mereka melihat,datang dan mengajar di sekolah tersebut. Jawaban mereka adalah “luar biasa stev..karna mereka belajar di dalam situasi yang serba kekurangan, baik fasilitas,tenaga pengajar, bahan sumber, dll. Tetapi mereka dapat menjalaninya dengan baik, dan bahkan beberapa dari mereka yang berangkat dari latar belakang pendidikan seadanya seperti itu justru menjadi orang-orang yang sukses didalam kehidupan bermasyarakatnya kelak” dari situ aku nyadar.. eh gak sih bukan baru nyadar,tapi lebih tepat kembali disadarkan bahwa sebenernya orang kita Indonesia sama mampunya untuk menggapai mimpi-mimpi, untuk mencapai cita-cita untuk mendapatkan yang terbaik bagi dirinya dah juga bagi bangsanya..

Untuk seorang yang punya segalanya seperti fasilitas yang menunjang,keluarga yang hangat, rumah yang sejuk, dana yang selalu cukup..mungkin adalah hal yang biasa untuk dapat menggapai apa yang mreka impikan dalam hidup ini..
tapi buat orang-orang yang serba kekurangan; rumah sempit – bahkan harus berdesak-desakan mungkin yang membuat seorang anak tidak dapat memiliki kenyamanan untuk sekedar dapat belajar atau membaca ulang pelajaran di sekolah, duid yang pas-pasan, fasilitas belajar tidak lengkap. Tentunya untuk orang-orang yang bertumbuh dengan segala ketidak enakan-ketidak enakan seperti itu adalah sebuah hal yang sangat luar biasa jika di suatu hari kelak mereka justru dapat mencapai cita-cita,keinginan,serta mimpi-mimpi mereka dalam hidup ini..
kenapa dikatakan luar biasa? Ya iya lah..mereka bisa dapatkan apa yang mereka ingin raih dengan keterbatasan yang ada..artinya jika mereka diberi fasilitas yang lebih atau paling tidak sama dengan orang-orang berpunya..bukan tidak mungkin justru mereka akan dapat meraih lebih dari apa yang mereka dapat raih dengan keterbatasan nya..

jadi buat kita yang di hari ini dapat menikmati kenyamanan, kesuksesan dari apa yang diwariskan oleh keadaan yang memang sudah enak pada masa lalunya (seperti orang tua yang punya banyak duid, sekolah di sekolah favorit, kuliah di luar negri, belajar dengan dana yang cukup, fasilitas yang cukup) janganlah kita lupa bahwa banyak orang di sekeliling kita harusnya juga dapat menikmati seperti yang kita nikmati andaikata mereka mempunyai ‘kecukupan” yang sama dengan kita.
Banyak orang atau mungkin kita sendiri berpendapat “ah ini kan berkat dari Tuhan, karena kita orang Kristen,rajin ke gereja,perpuluan tepat waktu,rajin berdoa..makanya kita bisa sukses” (dan banyak hal lain yang semuanya berbau rohani dan kita pikir itu mendatangkan keuntungan bagi diri kita).
Kalau begitu adanya patutkah kita bertanya pada Tuhan?mengapa IA ciptakan perbedaan-perbedaan tersebut pada masing-masing manusia yang menjalani kehidupan di bumi yang sama yang diciptakan olehNYA? Kenapa gak semua orang dapat sukses yang sama,kenikmatan yang sama, kedudukan yang sama aja?kenapa harus beda?
Ya emang harus gitu adanya..karena dengan demikian maka apa yang diciptakanNYA menjadi sempurna dan indah.. loh kok bisa? Ya..iya donk.. bukankah IA sendiri yang mengatakan bahwa hukum yang terutama dan utama bagi kita di dalam hidup ini adalah “kasihilan sesama mu manusia seperti mengasihi dirimu sendiri” dan kemudian diperbaharuiNYA lewat Yesus “kasihilah sesama mu seperti AKU telah mengasihimu”
Apa maksudNYA? Agar untuk kita yang telah menerima kasihNYA lewat kenikmatan,kelebihan,kenya
manan yang kita miliki untuk kita dapat meraih impian2 kita, menjadi sadar bahwa hal itu bukan karena kita yang menentukannya tapi IA yang menentukanya. Dengan kesadaran itu pulalah hendaknya kita semua sadar untuk kita juga dapat membagikan apa yang kita dapat dariNYA kepada sesama kita yang keadaannya lebih kurang dari apa yang kita miliki. Dan tidak memandang rendah..kepada sesama kita yang di hari ini keadaannya tidak lebih baik dari kita..tapi memandang mereka dengan rasa hormat, bahwa mereka ada untuk agar kehidupan ini menjadi lengkap dan seimbang adanya..

Lalu buat teman,saudara..atau kita semua yang mempunyai keterbatasan-keterbatasan yang terasa terkadang menyesakan,terkadang membuat kita lelah dalam perjalanan kita menggapai apa yang menurut kita itu sebuah kesuksesan,keberhasilan.. mari kita buang jauh-jauh rasa putus asa, n gak lelah tetep berjuang dengan kebanggaan bahwa kita berjuang di dalam keterbatasan bukan di dalam kelebihan.. yang sehingga ketika suatu saat nanti kita berdiri di atas keberhasilan yang telah kita capai, kita boleh tersenyum.. tersenyum untuk menghapus setiap kegetiran yang telah kita lalui di perjalanan menggapai apa yang kita raih tersebut..

Yuk..mari kita semua juga tidak menutup hati nurani kita ketika kita melihat anak-anak, teman,saudara,sahabat,orang-orang yang kita kenal atau tidak kita kenal..yang kesulitan..mereka punya cita-cita,mereka punya keinginan untuk memperbaiki keadaan mereka ,mereka punya harapan, mereka punya mimpi..yang mungkin salah satu elemen/bahan/sumber dana/kebutuhan .. untuk mereka dapat menggapainya ada pada apa yang kita miliki…jadi mari berbagi dengan mereka..

andreas - baru balik dari papua

No comments:

Post a Comment