Tuesday, June 30, 2009

hidup anda indah?


hanya sekedar ingin membagikan pengalaman neh..dan apa yang aku renungin.. yah sapa tau bisa jadi inspirasi atau sesuatu yang bermanfaat positip bagi dirimu..
nih siang panas banget..jam menunjukan pukul - pukulan.. eh gak denk, emangnya tinju.. hehe. skarang jam 15 lebih dikit lah.. tapi tuh matahari diatas sana memancarkan sinarnya dengan garang banget, seolah-olah ni bumi lagi mati lampu n butuh penerangan yang extra kenceng.

aku tadi dari lebak bulus sana, ada sedikit urusan yang harus diselesaikan..puter2 nyari alamat sambil kepanasan. rasanya kalo gak segera berteduh mungkin akan meleleh diriku ini. :) haha..lebay.
untung aja urusan cepet beres, sehingga aku bergegas menuju terminal n naik busway.. semriwing udara AC langsung memijit-mijit kulitku yang hampir meleleh tadi itu..
sambil celingak celinguk..sapa tau nemu duid tapi tak kudapati apapun jua selain duid yang ada di dompetku hahahah..
kuputuskan untuk duduk tenang saja sambil tolah toleh ke luar jendela..sederet rumah-rumah gedong dilintasi oleh bus yang kunaiki ini..
mobil-mobil keren nan mahal pun juga kulihat sillih berganti seliweran di daerah tersebut.
sejenak jadi terpikir..betapa jakarta ini terbelah-belah menjadi bagian2 tertentu dmn ada daerah yang dihuni oleh golongan berduid dan ada juga daerah-daerah kumuh yang di huni oleh golongan elit (alias ekonomi sulit) hehe.

dari situ entah kenapa jadi kepikir akan diri sendiri..begitu banyak hal-hal yang sudah terlewati sepanjang perjalanan idup yang udah lewat seperempat jalan ini.
hati bergumam : "kayanya banyak ga enaknya dari pada enaknya"
lebih banyak kulewati dengan tangis daripada dengan tawa, lebih banyak meringis daripada nyengir..
lebih banyak sedihnya daripada cengengesan nya.
tapi sih kutepis cepat rasa sesal yang datang itu.. berbalik jadi teringat suatu moment dimana pada waktu itu aku mendapatkan sesuatu yang aku pikir itu salah satu "key of life" ( ce ileee gaya pisan lo )
tapi srius.. critanya waktu itu tahun 2001 di bandung, lebih tepatnya sih di lembang ( bandung naik lage ke atas ).
pokoknya ringkas crita, sore itu ( lupa harinya hari apa ) aku duduk2 di atas bukit kecil di daerah maribaya lembang. dari situ pemandangan terhampar luas..termasuk kota bandung dapat diliat samar-samar ( cuma kliatan genteng2 rumahnya doank ).
suddenly ( ceh..sok inggris ) ..

aku jadi berpikir demikian : "kok aneh ya bumi ini dilihat dari atas ( pada saat itu kan aku duduk di atas bukit) klihatan indah..padahal bentuknya gak rata..ada benjolan, ada laut, ada lembah, ada juga datarannya.. ada berbelok-beloknya, ada gunung, ada yang hijau, ada yang tandus, dll"
tapi ya kok indah gitu loh?? hmm..seringkali kita manusia cuma berpikir kalo yang enak atau yang indah itu yah yang lurus2 saja.. hidup tuh enak kalo ga ada masalah, lempeng, lancar, duid banyak, pengen ini pengen itu tinggal beli, pengen punya pacar tinggal milih, pengen makan yang enak tinggal tlp 14045 ( heheh), dll.. pokoknya yang lancar2 n lurus itu ENAK n org berpikir bahwa itu adalah hidup yang iINDAH.

lah pernah ada satu temen ku, dia anaknya org kaya blg bgini "stev hidup ini indah ye..?" aku ga jawab pernyataan sekaligus pertanyaan itu.. cuma kujawab dalam hati "ya iya lah lo bisa blg gitu..duid lo banyak, mau apa aja bisa" lah gmn dengan org lain?
dalam hal ini gak kusalahkan juga org tersebut..semua org berhak berkata hidup ini indah.
maksudku adalah bagi mreka atau bagi kawan-kawan sekalian yang biasanya dalam hidup ini kebanyakan ngalamin yang ga enaknya dari pada enaknya.. lebih sring ga punya duid daripada punya duid, lebih sring ditinggal pacar dari pada dapet pacar, lebih sring menangis dari pada tersenyum..
ada satu hal yang bisa kita dapatkan dari cerita ketika aku duduk di atas bukit dan memandangi pemandangan di bawahnya tersebut. yaitu betapa kita harus dapat mencoba untuk mencari sisi mana dari kehidupan ini bahwa itu adalah sebuah keindahan dalam hidup.
percaya gak percaya.. justru masalah, belokan-belokan, rintangan-rintangan, atau apapun yang kita pikir itu tidak mengenakan dalam hidup ini, justru itulah yang membuat kehidupan itu sendiri menjadi indah.
tergantung dari usaha anda sendiri untuk mencoba memaknai hidup yang anda jalani itu sendiri bahwa HIDUP INI INDAH..
salah satu caranya yah dengan BERSYUKUR.. itu obat paling murah dan terjangkau untuk mengobati setiap rasa sakit,sedih,kehilangan,ben
ci,amarah,ditinggal,dan apapun juga yang ga enak ga enak dalam hidup ini.
dengan BERSYUKUR kita dapat melihat bahwa setiap ketidak lurusan jalan hidup yang kita sedang jalani ini justru itu yang membuat nya menjadi indah.
toh secara gak sadar.. biasanya ketika kita ini sedang menghadapi masalah yang berat kita akan merasa ..Dohh.. diri ini paling susah sedunia, paling sepi, paling merana, dll. tapi pernahkah kita terpikir.. bahwa masa-masa sulit sebelumnya, dmn kita merasakan (bahwa kita yang paling susah,dll itu) telah dapat kita lewati!?? dan kita telah sampai di hari ini.. dengan masalah yang mungkin saja sama dengan yang pernah kita hadapi, atau mungkin juga berbeda dan tentunya mempunyai pemecahan dengan cara yang berbeda pula..
mau gak mau..toh kita harus mengerti bahwa tidak ada masalah yang tak ada jawabannya.. semua punya jawaban. amen..

- an -

No comments:

Post a Comment