Thursday, September 16, 2010

mungkin tidak mungkin = mau tidak mau


Sehabis tidur siang yang puless sampe mereng-mereng (karna tadi pulang cepat dari sekolah :D) n perut dah kenyang diisi nasgor tek-tek yang mangkal depan kost gw, mendadak kepikiran sesuatu, awalnya sih karna keingetan film Inception nya LeonardoDicaprio yang beberapa waktu lalu gw tonton. Di film itu yang gw tangkep inti ceritanya yaitu tentang betapa pentingnya makna dan dampak sebuah "ide/idea" pada apa yang seseorang akan putuskan serta lakukan dalam hidupnya, dan juga seperti apa seseorang itu dapat dilihat dari ide-ide yang ia miliki di dalam konsep pemikirannya.

Sejenak gw flashback ke beberapa tahun dibelakang tahun 2010 ini, dimana gw melihat betapa seorang manusia atau katakanlah diri gw sendiri sebagai contohnya selalu bertumbuh dari tahapan perkembangan ke tahapan perkembangan berikutnya dengan wujud seorang manusia yang tak pernah bisa lepas dengan kehadiran ide itu sendiri didalam lingkarankehidupannya, entah itu ide yang berasal dari dirinya sendiri ataupun jugaide-ide yang bermunculan dari pemikiran orang lain. Mau tak mau kehidupan nyatayang seseorang temui setiap harinya baik itu di lingkungan pekerjaan,social-budaya juga selalu akan berhadapan dengan benturan ide-ide yangberkembang dan muncul setiap waktu.

Dari situ gw menyadari betapa seringnya gw melewatkan sesuatu, padahal sesuatu itu adalah hal yang paling sering muncul,bahkan lebih sering jika dibandingkan munculnya rambut di kepala gw atau munculnya apapun jg yang paling sering muncul di dunia ini. Sesuatu yang kadangkala gw anggap itu hanya bagian dari misteri lalu lintas alam pemikiranseorang manusia saja, dan sesuatu itu yang gw maksud disini adalah "ide" itusendiri. Lalu kenapa hal itu bisa terjadi? Kenapa bisa sesuatu yang lahir darialam pikiran kita ini menjadi hal yang terpinggirkan atau tersepelekan, padahal seringkali kemunculannya membawa nuansa semangat atau euforia ketika hatinurani kita mengatakan itu adalah sebuah konsep brilian atau hal yang luarbiasa untuk diraih dengan mewujud nyatakannya dalam tindakan nyata.
Apa mungkin karna kita memberi label terlalu dini pada kemunculannya? Label bahwa ide tersebut adalah imposible/tidak mungkin untuk bisa dilakukan.. sehingga seiring dengan lahirnya sebuah ide seketika itu juga pertentangan sisi pesimisme kitamenghendaki untuk memadamkan saja ide tersebut dan meninggalkannya jauh dijurang ketidakberdayaan dan lalu menghilang.

Menjadi hal yang membuat gw shock dan sesal saat menyadari hal ini, yaitu anggapan sepele pada sebuah ide-ide yang sering bermunculandi alam pikiran gw. Sehingga akhirnya tidak pernah gw wujudkan, memang sih..terkadang juga kondisi keadaan dan situasi mempengaruhi jalannya kematian dariide-ide itu sendiri. Seperti contoh misalkan beberapa waktu yang lampau,sebagai seorang yang menyukai sejarah, gw pernah memikirkan sebuah ide untuk bagaimana membangun sebuah komunitas (yang awalnya direncakanan dimulai daribeberapa teman saja dulu) yang melakukan studi wisata dengan mengunjungiseluruh museum yang ada di negeri ini. Tapi ide tersebut tidak pernah gw wujudkan sampe hari ini, entah karena pertentangan itu tadi: "ahkk.. mungkingak ya? Ahk... biayanya besar...ahkk pasti gak ada yang mau... ahkk ide gilaa gak mungkiiinn..! " dan semua pesimisme yang hadir akhirnya mengalahkan dan berhasil menguburkan sang ide di taman pemakamannya.

Lalu tau-tau saja sekarang gw sudah mendengar berita tentang seseorang yang telah melakukan sesuatu yang seperti ide gwtersebut dengan sama plekkk.. dan ia berhasil.. wow.. lantas apakah seseorangtersebut telah mencuri ide tersebut dari pemikiran gw ketika gw tertidur(seperti film inception :D hehe) ataukah ia telah menggali kuburan sang ide dan membawanya kabur? Atau mungkin sang ide itu sendiri telah bangkit dan mampir diotak orang itu?
Jawabnya : TIDAKK kawan!

Yang membuat perbedaan kalau sekarang ide tersebut menjadi wujud nyata di tangan orang lain..bukan karena ide itu dicuri, kabur pindah kepemilikan, atau bangkit dari kematiannya.. bukan..! tapikesemuanya terletak pada kemauan orang lain itu untuk mau mewujudkan sesuatuyang dirasa tidak mungkin oleh diri gw (melalui contoh tersebut) untuk dilakukan tetapi MAU dilakukan oleh orang lain itu, sehingga menjadi kenyataan yang ternyata dapat dilakukan dan di wujudkan. Gw percaya... bahwa sebuah ide belumlah tentu hanya lahir pada alam pemikiran seseorang saja, atau kata lainnya berarti ide itu tidak mungkin hadir di pemikiran orang lain..

malah mungkin dan sangat dapat dipastikan bahwa setiap ide yang sama/persis dapat juga lahir di dalam pemikiran orang banyak. Dengan demikian justru dapat dipahami disini bahwa ternyata sebuah ide itu sendiri menjadi tantangan bagipeningkatan kehidupan masing-masing orang. Tantangan apakah ia Mau dan Beraniuntuk menangkap kesempatan dari setiap ide yang lahir di pemikirannya untuk diwujudkan! Dan perwujudan nyata dari ide akan menjadi apresiasi tersendirisebagai bentuk penghargaan atas pencapaian seorang manusia dalam perjalanan kehidupannya.

Perenungan sederhananya adalah bahwa yang namanya Ide or Idea adalah barang gratis..
suatu anugerah yang tuhan berikan buat semua manusia adalah munculnya ide-ide dalam pemikirannya, sekaligus tantangan serta penghargaaNYA bagi manusia itu sendiri untuk berusaha maximal atas apapun juga pencapaian yang diperoleh dari perjuangan mewujudkan ide-idenya.

satu menit dalam kehidupan manusia selalu tanpapernah lepas dari yang namanya ide itu sendiri.. selalu muncul entah itu ide ygmanusia itu sendiri anggap dapat diwujudkan atau tidak, menarik atau tidak,sesuai dengan minat atau tidak, dan sebagainya.Tapi terlalu sering seseorang atau ga usah jauh-jauh diri gw sendiri melewatkan atau membuang sebuah ide itu sendiri tanpa pernah menyadari betapa berharganya jika ide itu diimplementasikan dalam wujud bentuk nyata dari tindakan kita.
Padahal suatu ide itu dapat menjadi mungkin atau tidak mungkin untuk di wujudkan barulah kita dapat ketahui setelah kita sendiri mencoba untuk melakukannya.
Gagal atau Berhasilnya dari setiap usaha yang kita lakukan demi mewujudkan ide tersebuthanyalah proses pembelajaran yang semakin berkelanjutan bagi manusia itusendiri dalam memaknai kehidupan ini.

sudah begitu banyak ide-ide muncul sepanjangperjalanan hidup kita sendiri sebagai manusia yang mempunyai otak serta pemikirian di dalamnya.
Sudah sering jg kita merasakan datangnya penyesalanketika terlalu mudahnya kita membuang ide-ide tersebut untuk tidak kitalakukan... dan yang tinggal hanyalah suara penyesalannya saja; ahkk..seandainya saat itu saya begini..begitu.. :D

Dunia hanya mencatatkan sejarah yang selalu diisi oleh catatan-catanan tentang pencapaian prestasi seseorang..siapapun itu dengan apapun juga yang telah diraihnya.
Terlepas dari segala cerita panjang tentang bagaimana seseorang telah mencapai sesuatu, seperti Hitler yang hendak menguasai seluruh eropa dan mengobarkan Perang Dunia II namun akhirnya kalah,Karl Marx dengan ide Sosial-Komunisnya yang awalnya ia tuliskan hanya karena mengkritik sistem kapitalis dan banyak dianggap gila oleh orang-orang pada zamannya, namun tetap saja sistem komunis masi di pakai hingga hari ini, MotherTheresa dengan ide nya untuk menyentuh mereka-mereka yang paling miskin di Calcutta-India, atau semua tokoh-tokohyang ada, yang telah kita kenal dari apa yang mereka capai dalam kehidupannya.

Tapi lebih jauh kita dapat memahaminya...bahwa keberhasilan kesemua tokoh ataupun seseorang yang tercatat dalam sejarah, semata hanya karena orang tersebut MAU dan Brani memutuskan untuk mewujudkan ide yang ada di pemikirannya.

Sebuah proses belajar buat diri gwsendiri..memahami makna hidup lebih lagi dari Mungkin atau Tidak Mungkin = Mau atau Tidak Mau.
Sekaligus semoga apa yang gw share disini siapa tau bergunabagi kawan-kawan sekalian, untuk lebih bergairah lagi dalam mewujudkan ide-idenya.. toh sebuah ide yang baik yang lahir di dalam pemikiran kita pastilah membawa kebaikan juga bagi orang-orang lain atau mempunyai makna yang lebihbagi orang lain yang kita sendiri mungkin tidak menyadarinya. Jadi lebih baik membuang rasa takut dan pesimis kita untuk tidak mencoba mewujudkan idetersebut, ketimbang tidak mencoba melakukannya sama sekali. :)
Karena pada kenyataannya ternyata orang-orangyang berhasil adalah orang-orang yang berani mencoba mewujudkan suatu ide yangawalnya dianggap mustahil untuk diwujudkan. Walau terkadang awalnya kita harus rela diberi label "orang gila" terlebih dahulu..hehehe.. :p

Jadi jangan takut untuk memiliki sebuah ide :D

Jakarta di 65 tahun Indonesia Merdeka.
semoga bermanfaat bagi yang membacanya, thx

-an-

No comments:

Post a Comment